Daerah

Tebing Setinggi 20 Meter di Brebes Longsor, Akses Dua Kecamatan Ini Sempat Terputus

Material longsoran menutup jalan desa yang menghubungkan antar kecamatan menuju ke Brebes

Indo-nesia.co.id – Tanah longsor kembali terjadi di Kabupaten Brebes, tepatnya Desa Jemasih, Kecamatan Ketanggungan, Senin (18/2/2019) sekitar pukul 18.30. Material longsor dari Pegunungan Sunia itu menutup akses jalan penghubung dua kecamatan. Longsor disebabkan guyuran hujan deras yang melanda Kawasan Ketanggungan.

Tebing Pegunungan Sunia dengan ketinggian sekitar 20 meter dan panjang sekitar 6 meter yang rawan pun akhirnya longsor. “Saya dengar suara gemuruh suara tanah jatuh. Saya cek setelah hujan berhenti, ternyata tanah tebing longsor,” kata warga sekitar, Sumadi, Selasa (19/2/2019). Oleh warga, material longsor dibiarkan sementara karena kondisi sudah malam dan gelap. Ditambah lagi, jalanan licin setelah diguyur hujan sejak sore.

Babinsa Desa Jemasih, Sertu Dasro mengatakan, hujan berintensitas tinggi yang terjadi mengakibatkan tebing tanah setinggi sekitar 20 meter dan panjang sekitar 6 meter, longsor. Dasro mengungkapkan, material tanah tersebut menutup akses jalan Kabupaten Brebes penghubung antara Kecamatan Ketanggungan dan Bantarkawung.

ā€¯Material longsoran menutup jalan desa yang menghubungkan antar kecamatan menuju ke Brebes yang menyebabkan jalan tersebut tidak bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat dengan ketinggian material tanah sekitar 1,5 meter,” ungkapnya. Koramil, muspika setempat, BPBD, dan masyarakat bergotong royong membersihkan material longsoran menggunakan alat manual, seadanya.

“Beruntung lokasi longsor jauh dari pemukiman warga, sehingga tidak ada korban dalam kejadian ini,” ucapnya. (M Zainal Arifin)

Baca Juga :  Tim Evaluasi Desa Binaan PTP2WKSS Provsu
Tags
Show More

Indonesia Media Online

Indo-nesia.co.id adalah portal berita yang menyajikan informasi terhangat baik peristiwa politik, bisnis, hukum, sepakbola, entertainment, gaya hidup, otomotif, sains teknologi hingga jurnalisme warga. Dikemas dengan bahasa ringan, lugas dan tanpa prasangka. Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close