Kriminalitas

Polisi Sita 40 Ribu Obat Terlarang dari 2 Toko Kosmetik di Jakarta Barat

Kombes Pol Hengki Haryadi menuturkan saat ini pihaknya telah menetapkan empat orang sebagai tersangka dalam kasus ini

Indo-nesia.co.id – Dua toko kosmetik di Jakarta Barat digerebek jajaran Polres Metro Jakarta Barat lantaran diduga menjual obat-obat terlarang.

Pengungkapan itu merupakan hasil pengembangan setelah banyak pelaku kejahatan di Jakarta Barat ‎yang telah ditangkap mengaku mengonsumsi tramadol sebelum melakukan aksinya.

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Hengki Haryadi menjelaskan dari kedua toko kosmetik itu diamankan 40.013 butir berbagai jenis obat-obatan terlarang.

Dimana dari jumlah tersebut, 28.575 diantaranya merupakan tramadol.

“Selain ‎itu kami turut amankan uang Rp 615 ribu dan juga buku hasil rekapan penjualan,” kata Kombes Pol Hengki Haryadi di Mapolres Metro Jakarta Barat, Selasa (19/2/2019).

Kombes Pol Hengki Haryadi menuturkan saat ini pihaknya telah menetapkan empat orang sebagai tersangka dalam kasus ini yakni AN (35), BQ‎ (35), MZ (30) dan KM (20).

Mereka pun bakal dikenakan Pasal 197 dan 198 UU RI Nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan dan Pasal 60 ayat 1 sub Pasal 62 juncto Pasal 71 ayat 1 UU Nomor 5 tahun 1997 tentang Psikotropika.

Kepala Seksi Sember Daya Kesehatan Sudin Kesehatan Jakarta Barat, Lia Sumarti mengatakan obat-obatan tersebut yang masuk kategori obat daftar G sejatinya tidak boleh dijual bebas.

‎”Sebetulnya yang diperkenankan untuk mengedarkan yaitu sarana berizin seperti apotek, dan obat toko yang memiliki penanggung jawab resmi. Bukan dijual bebas,” kata Lia.

Sementara itu, Deputi Bidang Penindakan BPOM, Robby Nuzly ‎menyebut obat-obatan yang diamankan polisi itu sudah dicabut izin edarnya.

“‎Sebagian besar sudah dibatalkan izin edarny sejak 2016, salah satunya tramadol produksi deksa medika,” katanya.

Baca Juga :  Anggota TNI Ciduk 7 Orang Sedang Pesta Obat Terlarang, Dua di Antaranya Perempuan
Tags
Show More

Indonesia Media Online

Indo-nesia.co.id adalah portal berita yang menyajikan informasi terhangat baik peristiwa politik, bisnis, hukum, sepakbola, entertainment, gaya hidup, otomotif, sains teknologi hingga jurnalisme warga. Dikemas dengan bahasa ringan, lugas dan tanpa prasangka. Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close