Opini & Forum

Perdagangan Barang dalam gelombang Covid-19 (WTO)

Wabah virus corona COVID-19 sebabkan kerugian diberbagai sektor, termasuk pertumbuhan perdagangan barang, investasi, pasar modal dan lainnya. 

Dampak dari wabah corona terhadap investasi di Indonesia akan mulai tampak pada Maret 2020. Dan Tiongkok yang merupakan negara asal wabah corona merupakan investor asing langsung terbesar kedua di Indonesia.

Sementara itu, untuk pertumbuhan perdagangan barang global kemungkinan akan lemah pada awal 2020. Bahkan diprediksi dapat lebih buruk karena wabah virus corona baru.

Demikian disampaikan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) pada Senin 17 Februari 2020.

Badan perdagangan yang berbasis di Jenewa itu mengatakan indikator perdagangan barang turun menjadi 95,5 dari angka 96,6 yang dilaporkan pada November.

Angka kurang dari 100 mengindikasikan pertumbuhan perdagangan di bawah tren jangka menengah.

WTO mengatakan angka baru itu tidak memperhitungkan perkembangan terbaru, seperti pecahnya wabah virus corona baru, yang dapat mengurangi prospek perdagangan lebih lanjut.

Perdagangan barang global turun 0,2 persen tahun ke tahun pada kuartal ketiga 2019, kata WTO, dengan kemungkinan kenaikan pada kuartal keempat.

Namun, data baru menunjukkan pemulihan ini tidak akan berkelanjutan, dengan penurunan sekarang tampak mungkin pada periode Januari-Maret 2020.

Indikator prospek perdagangan WTO adalah gabungan data pesanan ekspor dalam survei bisnis, angkutan udara, pengiriman peti kemas, produksi dan penjualan mobil serta perdagangan komponen elektronik dan bahan pertanian, terutama kayu.

Indikator ini dirancang untuk mengidentifikasi titik balik dan mengukur momentum dalam pertumbuhan perdaganan global daripada memberikan perkiraan jangka pendek tertentu.

Penulis : Aprida rika ananda (Pemerhati Ekonomi)

Baca Juga :  Covid 19 menguji kesabaran dan mengajarkan kedisiplinan bagi hidup kita
Tags
Show More

Indonesia Media Online

Indo-nesia.co.id adalah portal berita yang menyajikan informasi terhangat baik peristiwa politik, bisnis, hukum, sepakbola, entertainment, gaya hidup, otomotif, sains teknologi hingga jurnalisme warga. Dikemas dengan bahasa ringan, lugas dan tanpa prasangka. Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close
Close